Pasang Iklan di Sini

Friday, April 9, 2010

Jaga Konsistensi Mental Juara

Persib Bandung harus tetap menjaga konsistensi mental juara di Djarum Liga Super Indonesia (DLSI) 2009-2010. Meskipun dalam klasemen sementara tercatat raihan nilai Persib tak mengalami peningkatan sejak menjajal beberapa laga tandang Maret. Persib tak pernah menuai angka penuh.

Kondisi paceklik poin tersebut jangan diperparah dengan ketakutan yang berlebih dengan ujian yang menimpa "Maung" Bandung. Seperti saat ini, publik menyoroti krisis striker ataupun hilangnya Maman Abdurahman di lini belakang ketika dijamu Persijap Jepara, di Stadion Gelora Bumi Kartini, Sabtu (10/4).

Asisten Pelatih Persib Yusuf Bachtiar mengungkapkan hal itu di Jepara, ketika dihubungi "PR", Kamis (8/4). Menurut dia, sejatinya punggawa Persib diberikan suntikan motivasi dari berbagai pihak, jangan hanya terus dipengaruhi kemungkinan-kemungkinan terburuk seperti krisis pemain depan pada saat melawan Persijap nanti.

"Saya harap semua pihak dan media massa ikut membantu Persib untuk mempertahankan mental juara. Setidaknya Persib masih bisa mengupayakan bertahan di deretan puncak klasmen," ucapnya.

Yusuf menegaskan, anak asuhnya diinstruksikan untuk tidak menyerah ataupun mundur menghadapi semua laga yang tersisa. Pasalnya, seperti pertandingan sebelumnya, semangat lawan akan berlipat ganda apabila akan menghadapi Persib. Menurut dia, Persijap sendiri dipastikan sudah mengantongi karakter permainan Persib setelah menyaksikannya di televisi. "Persib lawan siapa pun harus siap," ujarnya.

Kini kondisi tim diakuinya tengah mengalami perombakan di lini depan dan belakang. Tim pelatih telah mempersiapkan nama-nama punggawa alternatif yang bakal diturunkan melawan "Laskar Kalinyamat" itu.

Menurut Yusuf, kekhawatiran kosongnya lini depan tanpa kehadiran Cristian Gonzales yang sempat terserang demam dan Airlangga Sucipto yang mengalami cedera di kaki kirinya masih bisa disiasati dengan eksistensi Atep ataupun Satoshi.

"Gonzales sendiri telah hadir di Jepara bersama kami, dan saya rasa kami tidak perlu khawatir soal krisis pemain depan. Saya tahu Gonzales merupakan pemain profesional," ucapnya.

Yusuf menambahkan, setibanya di Jepara, anak asuhnya tidak dibebani latihan. Punggawa Persib beristirahat total dan dijadwalkan uji coba lapangan, Jumat (9/4) pagi.

"Cuaca di Jepara tidak beda jauh dengan di Bandung, kalau panas ya panas sekali, dan terkadang mendung. Anak-anak sendiri saya yakin sudah bisa beradaptasi karena baru beberapa hari yang lalu merasakan cuaca di Lamongan," tuturnya.

Pengganti Maman

Selain krisis pemain depan, Persib diuji dengan hilangnya satu pilar lini belakang Maman yang dipastikan tidak akan memperkuat tim dalam laga tandang lawan Persijap. Mantan pemain PSIS Semarang itu terkena akumulasi kartu kuning saat melawan Persela, Minggu (4/4) lalu. Dengan demikian, jajaran pelatih kini sedang dalam proses penentuan pemain yang tepat untuk mengisi lubang di barisan pertahanan nanti.

Asisten Pelatih Persib Robby Darwis mengatakan, tiga nama bakal menjadi kandidat kuat yang akan menggantikan posisi Maman dalam laga ke-27 nanti. Ia menyebutkan, Wildansyah, Edi Hafid, dan Aji Nurpijal menjadi pilihan tim pelatih. "Mereka pilihan kami, tinggal menentukan siapa yang terbaik di antaranya," ujar Robby.

Menurut dia, dirinya dan tim pelatih belum mengeluarkan satu nama pasti pemain belakang sebagai pengganti Maman. Hal itu masih dalam proses seleksi dalam latihan membenahi lini pertahanan sehabis kebobolan di Lamongan.

"Persib harus tetap fokus pada kompetisi Liga Super ini. Sekarang ini kami memaksimalkan pemain yang ada. Untuk klasemen yang diusahakan terus dikejar karena kompetisi belum berakhir," kata Robby.

Sumber: PR


0 Komentar:

Post a Comment

Silakan isi box komentar

We are back B-)


Copyright © 2010 beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.
Setiap materi dalam Situs ini boleh Anda kutip, sepanjang Anda mengikuti ketentuan Creative Common Attribution-NonCommercial-ShareAlike 2.0.

Profil/Biodata

Markus--Nova-Satoshi (Mantan pemaen)-Atep-Gilang-Munadi-Gonzalez-Airlangga-

Pengunjung Hari Ini


Copyright © 2010 Beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.