Pasang Iklan di Sini

Tuesday, February 23, 2010

Dedi Sutendi, Persib, dan Pardedetex (Medan)


BAGIAN KESATU, BAGIAN KE DUA ADA DI: memori-beritabobotoh.blogspot.com

Meskipun kompetisi Galatama mulai digelar pada 17 Maret 1979, klub-klub profesional di Indonesia mulai muncul pada pertengahan tahun 1970-an. Malah, Pardedetex, klub profesional asal Medan, tercatat sebagai klub tangguh pada tahun 1960-an.

Kembali pada pertengahan tahun 1970-an tadi, ada kisah menarik yang berkaitan dengan Persib. Pada bulan Februari 1976, ada kabar bahwa empat pemain Persib hendak ke Pardedetex (Medan). Mereka adalah Dedi Sutendi, Harry Muryanto, Zulchaidir, dan Risnandar.

Namun, dari empat pemain itu, hanya Dedi Sutendi yang hijrah ke Medan. Sementara tiga pemain lainnya (Harry Muryanto, Zulchaidir, dan Risnandar) buru-buru membantah pemberitaan media massa pada masa itu.

Meskipun Pardedetex merupakan klub profesional, dalam konsep persepakbolaan Indonesia masa itu, pemainnya masih tetap bersatus amatir. Ya, klubnya profesional, sedangkan pemainnya amatir. Paling tidak, selain diberi label semi (profesional), pada masa itu, ada “kerancuan”. Perhatikan saja komentar Bapak Rahmatullah Ading Affandi (kini, almarhum) ketika enam pemain Persib hendak memperkuat Kramayudha Tiga Berlian (Palembang) pada 1991 (untuk persiapan Piala Winners Asia I/1991) dengan mengomentari “lelucon”. Maklum, kontraknya dengan Kramayudha Tiga Berlian tidak jelas. Singkat cerita, kebetulan pada 1991 itu, Kramayudha Tiga Berlian di-diskualifikasi di Piala Winners Asia 1991 dan akhirnya mengundurkan diri dari kompetisi Galatama XI/1990-1992 (mundur pada putaran I, tahun 1991) sehingga kisah sejarah pemain Persib di Kramayudha Tiga Berlian “terhapuskan”.

( Bersambung ke Bagian kedua, bagian kedua ada di www.memori-beritabobotoh.blogspot.com

Penilaian:

0 Komentar:

Post a Comment

Silakan isi box komentar

We are back B-)


Copyright © 2010 beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.
Setiap materi dalam Situs ini boleh Anda kutip, sepanjang Anda mengikuti ketentuan Creative Common Attribution-NonCommercial-ShareAlike 2.0.

Profil/Biodata

Markus--Nova-Satoshi (Mantan pemaen)-Atep-Gilang-Munadi-Gonzalez-Airlangga-

Pengunjung Hari Ini


Copyright © 2010 Beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.