Pasang Iklan di Sini

Sunday, April 4, 2010

Gilang jadi kepala sekolah

SEPAK bola tampaknya memang telah mendarah daging bagi gelandang Persib Bandung, Gilang Angga Kusumah. Sepak bola telah menjadi bagian dari hidupnya.



Selain berprofesi sebagai pesepak bola, Gilang juga ternyata memiliki Sekolah Sepak Bola (SSB) dengan nama Eleven yand didirikan pada 11 Maret 2008.

Meski baru berdiri sekitar dua tahun lalu, Eleven telah memiliki siswa sebanyak 300 orang lebih. Dan meski latihannya di Lapangan Pasigaran Dayeuhkolot, ternyata banyak siswa yang berasal dari wilayah Rancaekek, bahkan Cililin.

"Saya juga sempat heran, kenapa mereka rela jauh-jauh latihan ke Dayeuhkolot. Itu menunjukkan animo masyarakat untuk berlatih sepak bola sangat tinggi," kata Gilang.

Dengan siswa berjumlah 300 orang, Eleven kini dilatih †4 orang pelatih, yaitu Dadan, Topa, Erwin, dan Wahyu. Para siswa tersebut berlatih setiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Sebagai kepala sekolah, Gilang sering langsung turun tangan melatih para siswanya. Terutama saat Persib Bandung tidak sedang memiliki jadwal bertanding.

"Kalau lagi libur, saya sering langsung turun ke lapangan melatih anak-anak. Ada kepuasan tersendiri jika bisa memberikan ilmu dan pengalaman yang diperoleh di Persib kepada anak-anak," kata Gilang yang juga menyukai bulu tangkis.

Karena baru berusia dua tahun, memang belum banyak prestasi yang ditorehkan SSB Eleven. Namun sejumlah kejuaraan yang dilaksanakan di sekitar Kab. Bandung selalu diikuti Eleven. Salah satunya Zipur Cup. Bagi Gilang, prestasi memang bukan tujuan utama. Baginya memperkenalkan bermain sepak bola yang baik dan benar lebih penting dalam pembinaan sepak bola kepada anak-anak. Karena jika pembinaan dapat dilakukan dengan baik prestasi akan mengikuti.

"Pembinaan yang utama. Prestasi bisa menyusul. Karena jika anak-anak dipaksa berprestasi, nantinya bisa-bisa malah berbalik tidak menyukai sepak bola," tutur pemain persib bernomor punggung 12 ini.

Kendati demikian, Gilang berharap, suatu hari nanti beberapa siswanya dapat membela Persib atau tim Liga Super Indonesia (LSI) lainnya. Karena dengan demikian, pembinaan yang dilakukannya dapat dinilai berhasil.

"Kalau ada siswa yang bisa memperkuat Persib, tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya," tukasnya.

Memang tidak ada yang mustahil, apalagi jika sejak usia dini anak-anak telah dilatih bermain sepak bola dengan baik dan fair. Mereka pun bisa menjadi Gilang-Gilang lain suatu hari nanti. (brilliant awal/"GM")**

Sumber: Gala

0 Komentar:

Post a Comment

Silakan isi box komentar

We are back B-)


Copyright © 2010 beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.
Setiap materi dalam Situs ini boleh Anda kutip, sepanjang Anda mengikuti ketentuan Creative Common Attribution-NonCommercial-ShareAlike 2.0.

Profil/Biodata

Markus--Nova-Satoshi (Mantan pemaen)-Atep-Gilang-Munadi-Gonzalez-Airlangga-

Pengunjung Hari Ini


Copyright © 2010 Beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.