Pasang Iklan di Sini

Friday, May 21, 2010

Generasi Emas Persib (wawancara dengan Mustika Hadi)

::Khrisna Prasetya::

Wartawan berhasil mewawancarai Mustika hadi, mantan pemain persib Bandung yang berhasil membawa Persib U-21 menjadi juara Liga Super Indonesia U-21 musim 2009/2010 di studio Bandung TV sesaat sebelum acara Balad Persib.


(T) : Bagaimana awal pembentukan tim Persib U21 ini?
Mustika Hadi (J): Saya mempersiapkan mereka untuk kompetisi LSI U21 dan Porda Jabar. Pemain-pemainnya diambil dari tim persib suratin U17 yang tertampung di diklat persib yang kemudian diturunkan pada kompetisi LSI U21 pertama tahun lalu. Kemudian, saya tambah pemain2 hasil kompetisi pengcab U20
T: Tentang pondasi dan skema permainan tim?
J: Saya berkaca dari kegagalan Persib U21 ditahun pertama dimana kita hanya mampu finis diperingkat ketiga. Kita saat itu menggunakan pola 3-5-2, ternyata hampir semua lawan memakai pola 4-4-2.
3-5-2 itu tidak mempunyai keseimbangan antara bertahan dan menyerang. Jika lawan memakai 4-4-2, formasi 3-5-2 itu menyisakan ruang kosong diposisi sayap, dan celah itu sering dimasuki oleh gelandang sayap lawan sehingga kita cukup kesulitan.
Belajar dari situ, saya berfikir bahwa sudah saatnya kita menggunakan pola 4-4-2 dimana keseimbangan antara bertahan dan menyerang dapat terpenuhi.
T: Tanggapan anda karena Persib senior berencana mengambil beberapa pemain Persib U21?
Saya sangat bangga. Juara kemarin itu hanyalah simbol. Tapi hasil dari pembinaan ini sepatutnya dihargai, karena mereka sudah memperlihatkan hasil yang baik.
Dan mereka juga berkeinginan kuat untuk menjadi pemain Persib senior. Sekarang pintu itu terbuka buat mereka. Saya bersyukur sekali dan bergembira.
T: Ada rekomendasi dari anda, siapa saja yang bisa masuk ke tim senior?
J: Saya belum tahu kebutuhan dari Robby Darwis sebagai pelatih tim senior saat ini. Pemain dari posisi-posisi mana saja yang dibutuhkan.
Kalau saya sudah tahu posisi-posisi mana saja yang dibutuhkan, saya pasti akan memberikan rekomendasi-rekomendasi itu
Kalau saya sudah tahu posisi-posisi mana saja yang dibutuhkan, saya pasti akan memberikan rekomendasi-rekomendasi itu.
T: Selama ini belum ada komunikasi dengan Robby?
J: Belum ada komunikasi ataupun informasi kepada saya.
T: Harapan kedepannya untuk Persib U21 ini?
J: Pemain-pemain ini sudah membuktikan prestasi yang cukup baik. Mereka dulunya adalah juara di kelompok umur usia 15 tahun. Lalu mereka naik, dan di Piala Suratin U17, mereka juga mempersembahkan gelar juara. Begitupun ketika mereka naik kelas ke U21, mereka menjuarai kompetisi Liga Super Indonesia U21.
Dari bukti-bukti tersebut, bisa dibilang mereka adalah generasi emas dari pembinaan yang sudah Persib lakukan.
Maka saya ingin tim ini jangan sampai dibubarkan. Karena rugi bagi Persib jika pemain-pemain ini di rekrut oleh klub luar dan menjadi kekuatan baru bagi mereka, dan bukan untuk Persib.
Harapan saya, mereka-mereka ini terus dibina dalam 1 sampai 2 tahun kedepan dan saya yakin, Persib akan memetik hasilnya.
T: Anda menyebutkan tidak dibubarkan, artinya dibina dimana?
J: Dulu kan ada yang namanya diklat Persib. Sudah saatnya wadah itu diaktifkan kembali dan mereka dibina disana dalam 1 sampai 2 tahun kedepan.
T: Secara mental dan skill, apakah para pemain ini siap terjun ke arena Liga Super Indonesia?
J: Saya rasa secara skill mereka sudah siap. Mereka hanya perlu adaptasi dengan iklim kompetisi di liga.
Rencananya, tim Persib U-21 akan diarak mengelilingi kota Bandung pada hari Jumat besok, 21 Mei 2010. (Sima/dgn prubahan)

Lap: Khrisna Prasetya



0 Komentar:

Post a Comment

Silakan isi box komentar

We are back B-)


Copyright © 2010 beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.
Setiap materi dalam Situs ini boleh Anda kutip, sepanjang Anda mengikuti ketentuan Creative Common Attribution-NonCommercial-ShareAlike 2.0.

Profil/Biodata

Markus--Nova-Satoshi (Mantan pemaen)-Atep-Gilang-Munadi-Gonzalez-Airlangga-

Pengunjung Hari Ini


Copyright © 2010 Beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.