Pasang Iklan di Sini

Saturday, April 10, 2010

Prediksi Liga Super 10-11 April Oleh: Khrisna Prasetya

Prediksi dan analisis oleh: Khrisna Prasetya
Persijap Vs persib 50:50 Hari Sabtu pukul 19.00 Live Antv

Persijap, Tim yang kini menduduki posisi 11 dalam klasemen sementara Liga Super 2009-2010 mempunyai potensi besar untuk mengalahkan Persib, apalagi duel yang akan tersaji di lanjutan Liga Super Indonesia nanti akan dilaksanakan di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara.

Persib yang akan menjadi tim tamu pun kudu waspada. Pasalnya Persijap mampu menahan imbang Sriwijaya FC 1-1 di laga sebelumnya dan mengalahkan Persiba Balikpapan 3-1. Pastinya Persijap akan tampil pada performa yang baik.

Pada Head to Head, Persib baru 2 kali menang, yaitu pada saat Persib mengalahkan Persijap 2-3 saat persib dijamu Persijap di Jepara dan pada saat Persib berhasil mengalahkan Persijap di kandang sendiri dengan skor tipis 1-0 berkat gol semata wayang Christian Gonzalez.
Persijap juga pernah mempermalukan Persib 0-1 di depan pendukung setianya sendiri! Dan selebihnya diakhiri hasil inbang entah di kandang Persib maupun Persijap.

Krisis Striker

Namun Persib mengalami krisis di lini depan. Gonzalez mengalami demam, namun dikatakan suhu badannya sudah normal. Tapi mau bagaimanapun Gonzalez pasti tidak 100% Fit.

Airlangga Sucipto juga dibekap cedera di pahanya, walau dokter tim Persib Bandung, Dr. Raffi Ghani mengatakan Airlangga dipastikan sudah tidak akan merasa sakit pada cederanya, pasti tidak 100% fit dan bisa saja cederanya kambuh lagi mengingat permainan keras ala Persijap Jepara.
Budi juga hampir 100% dipastikan tidak memperkuat Persib saat dijamu Persijap. Budi masih merasakan sakit pada luka (Lecet) di kakinya. "Boro-boro mau pakai sepatu, luka (Lecet, Red) saya kena kaus kaki saja sudah terasa sakit, apalagi harus memakai sepatu dan menendang bola." Ujar pemain Timnas Indonesia ini. Meurut data yang diterima, Budi sering melakukan tindakan indisipliner. Ia kerap melanggar waktu minum obat. Tentu saja akan menghambat proses pemulihan striker bernomor punggung 13 ini.

Untuk Hilton jangan ditanya lagi. Striker yang bertekhnik tinggi sudah puloang kampung ke negaranya, Brasil. Striker yang kontroversial ini menderita cedera parah dan divonis harus beristirahat penuh 6 bulan oleh dokter di Sao Paolo, Brasil.

Lantas apa yang harus dilakukan Jaya Hartono? Jaya mengatakan bila Airlangga dan Christian masih belum sembuh, ia akan memplot gelandang asal negeri sakura, Satoshi Otomo dan gelandang lincah asal tanah pasundan, Atep sebagai penyerang. "Satoshi saya lihat mempunyai naluri mencetak gol yang tinggi, saya yakin ia (Satoshi, Red) mampu. Atep juga." Ujar Jaya Hartono.

Namun angin segar juga berhembus ke arah Persib, 3 pemain Persijap dipastikan absen. Namun itu bukan alasan untuk tenang dan meremehkan Persijap. Tim ini kerap tampil trengginas di depan pendukungnya sendiri. Apalagi Persijap diperkuat kiper berskil tinggi yang kerap tampil konsisten, Danang Wihatmoko.

Namun untuk mencuri poin di Jepara, ada beberapa hal penting yang kudu diperhatikan. Jangan bermain monoton seperti saat dijamu Persela yang berimbas kekalahan 1-0 lewat gol Fabiano. Dan jangan terlalu menggunakan strategi umpan lambung yang tidak terbukti efektif. Contohlah tim-tim yang kerap memainkan permainan cantik, Arsenal dan Barcelona. Kedua tim ini selalu memainkan umpan pendek sehingga menyusahkan lawannya. Umpan lambung boleh, tapi sesekali saja, jangan terus menerus, kalau umpan lambung yang dimaksud adalah umpan silang dari sayap sih boleh saja, namun bila umpan lambung dari tengah lapangan ke depan tampaknya akan kurang efektif. Dan yang terpenting Persib jangan ragu untuk tampil menyerang dan memberikan umpan-umpan cantik sari sayap kiri dan kanan. Bila main bertahan, bagaimana mau menang?
dan jangan main monoton seperti saat dijamu Persela.

Masalah Formasi

Formasi 3-5-2 yang diterapkan Jaya hartono mungkin akan menambah daya gedor Persib. namun akan memperlemah pertahanan yang hanya diperkuat 3 bek.

Tirulah tim-tim dunia
Tidak usah jauh-jauh lah. Tim-tim dari negara maju dan Liga terbaik dunia pun tidak ada lagi yang menggunakan strategi 3-5-2. Mereka lebih banyak menggunakan 4-4-2 dan 4-3-3. Kita ingin menjadi tim yang bagus kan? Tirulah tim-tim bagus yang menerapkan formasi tersebut. Musim lalu jaya mengkritik pertahanan yang keropos. Tentu saja !!! Hanya 3 bek dan biasanya lawan menggunakan 4-3-3. 3 Penyerang melawan 3 bek? 4 Bek dan 2 penyerang saja masih bisa kebobolan, apalagi 3 penyerang lawan 3 bek? Pasti kacau lah.

Namun perkiraan saya Persib akan tampil menyerang dan membahayakan gawang Persijap. Namun Persib kudu waspada serangan balik dari Persijap. Apalagi Persijap mempunyai striker maut, Pablo Frances.

Analisis tersebut juga adalah evaluasi saya tentang Persib, termasuk formasi.

Analisis: Khrisna (Khr)


Persebaya Vs Pelita: 55-45 (Live Antv Minggu jam 15.30)

Setelah mengalami hasil yang kurang memuaskan di beberapa laga sebelumnya, tampaknya Persebaya bertekad untuk bangkit. Namun, cedera M. Taufiq dapat menjadi kendala. Kita tahu, M. Taufiq adalah salah satu pemberi nafas bagi lini tengah "Bajul Ijo". Namun mengalahkan Pelita bukan tugas yang mudah. Kita tahu, Pelita memiliki Striker maut Redouane Barkaoui dan Jajang Mulyana yang sudah terbukti kualitasnya. Tampaknya Persebaya dapat meladeni permainan Pelita dan dapat menuai hasil meski hanya dengan skor tipis.

Persela 48-52 Sriwijaya
Mari lihat sisi non teknisnya. Sriwijaya baru saja ditekuk 2-1 di Piala AFC. Lantas akan ada penurunan mental. Persela memang diatas kertas memang dibawah Sriwijaya FC, namun dengan kepemimpinan Djoko Soesilo, Persela terus menunjukan tren positif. Persela sukses menekuk Persib Bandung 1-0. Oleh karena itu, Sriwijaya juga kudu waspada dengan amunisi anyar Persela. Prediksi saya kemungkian besar draw, namun Sriwijaya akan mendominasi pertandingan.

Persiba 49-51 Persisam Putra (Sabtu)

Permainan Persisam tengah menanjak. Pelatih Aji Santoso yang dinilai kurang maksimal memoles Danillo Fernando Dkk pun didepak. Hendri Susilo pun ditunjuk sebagai pelatih Persisam yang baru. Lihat saja hasilnya, Persisam hampir mempermalukan Persipura di hadapan pendukungnya sendiri! Bila gol penyama kedudukan Salampessi tidak terjadi, dijamin Persipura akan tertunduk lesu. Namun Persiba malah menunjukan hasil yang kurang baik. Okelah, mereka berhasil menahan imbang Persipura 0-0 di waktu yang lalu, namun mereka dipermalukan oleh Pelita jaya 2-1, tim asal purwakarta yang notabene menjadi juru kunci di LSI. Lantas pertandingan akan sangat seru, akan terjadi jual beri serangan. Kita lihat saja hasilnya.

Penulis: Khrisna Prasetya
Prediksi dan analisis: Khrisna Prasetya

0 Komentar:

Post a Comment

Silakan isi box komentar

We are back B-)


Copyright © 2010 beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.
Setiap materi dalam Situs ini boleh Anda kutip, sepanjang Anda mengikuti ketentuan Creative Common Attribution-NonCommercial-ShareAlike 2.0.

Profil/Biodata

Markus--Nova-Satoshi (Mantan pemaen)-Atep-Gilang-Munadi-Gonzalez-Airlangga-

Pengunjung Hari Ini


Copyright © 2010 Beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.