Pasang Iklan di Sini

Saturday, February 20, 2010

Jadilah Suporter yang berkarakter

Jadilah suporter sepakbola yang berkarakter

Sepakbola tanpa penonton bagaikan sayur tanpa garam, begitulah sebuah ungkapan betapa penting nya peran suporter didalam permainan si kulit bundar. Suporter sepakbola adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perjalanan sebuah tim sepakbola, arti mereka sangat lah luar biasa berperan baik di sisi finansial maupun moral. dari sisi finansial suporter lah yang menjadi alat bagi klub untuk menghidupi pendanaan klub baik langsung maupun tidak langsung sedangkan dari sisi moral suporter dapat membangkitkan semangat tim ketika bertanding bahkan melakukan tekanan untuk menjatuhkan mental bertanding tim lawan ketika melawan kesebelasan idola nya. Wow!, Betapa besar nya arti suporter bagi sebuah klub sepakbola.

Setiap kelompok suporter memiliki karakter yang berbeda. Diluar negeri kita semua mengenal sekelompok suporter sepakbola yang seperti Hooligan menjadi fans sepakbola yang brutal ketika tim idolanya kalah bertanding. Hooligan merupakan stereotif supporter sepakbola dari Inggris , Hooligan berpengalaman dalam melakukan sebuah perjalanan dalam mendukung kesebelasan. Tidak sedikit dari mereka yang sering keluar-masuk penjara karena sering terlibat dalam sebuah bentrokan. Mereka jarang menggunakan pakaian yang sama dengan tim pujaannya agar tidak terdeksi kehadiran mereka oleh pihak keamanan Atau Ultras di Italia yang tidak pernah berhenti menyanyi mendengungkan yel-yel lagu kebangsaan tim mereka selama pertandingan berlangsung, Mereka juga rela berdiri sepanjang pertandingan berlangsung.

Didalam negeri ada beberapa kelompok suporter yang mewakili karakter nya masing masing. Seperti Bobotoh/Viking kelompok suporter dari Persib Bandung Tim paling legendaris di Indonesia yang mempunyai prestasi yang mentereng dan jutaan pengemar diseluruh indonesia, disebut sebagai kelompok suporter sepakbola di indonesia yang mendukung dengan modal yang cukup, elegan, berani, loyal, mempunyai kecintaan yang sangat besar terhadap tim idola nya dan mencampur adukan sepakbola kedalam kehidupan sehari hari. Lalu ada Bonek kepanjangan dari Bondo Nekat yang dalam bahasa jawa berarti modal nekat kelompok suporter Persebaya Surabaya yang mepunyai image sebagai suporter paling nekad se Indonesia dengan hanya bermodal pas pasan kadang tidak bermodal sama sekali. Bonek merupakan kelompok paling yang banyak menelan korban jiwa dari kelompok nya sendiri disebabkan oleh kenekatan mereka, Dibalik itu bonek tersembul nilai nilai perjuangan dari arek arek suroboyo yang terkenal dengan militansi nya. Ada juga Aremania kelompok suporter tim kebangaan kota apel Malang, adapun aremania selalu mengklaim mereka sebagai suporter paling kreatif dan terbaik di indonesia mereka terus bernyanyi dan berjoget sepanjang pertandingan tanpa kenal lelah layaknya sanggar tari. Ada pula thejakmania, hampir sama dengan aremania. Kelompok suporter yang berasal dari sub urban ibukota berasal dari pinggiran yang terhimpit oleh keras nya ibukota tertindas dari segi ekonomi.

Sebagai suporter persib hendaknya kita jangan pernah merubah karakter yang telah melekat didalam diri sebagai bobotoh / viking, bangga lah dengan apa yang telah kita miliki. Kita adalah bagian dari kesebelasan terbaik yang ada di tanah air ini yaitu persib kesebelasan yang paling melegenda di indonesia dan juga kelompok suporter paling legendaris, kelompok suporter yang sanggup membirukan seluruh bagian Stadion Gelora Bung Karno(dulu stadion Utama Senayan) ketika final perserikatan tahun 1986 dan final liga indonesia pertama tahun 1994 dengan rekor jumlah penonton 120.000. rekor bobotoh persib hanya dapat disaingi oleh jumlah penonton ketika tim nasional Indonesia bertemu dengan Thailand pada final Sea Games tahun 1996 dengan jumlah penonton 110.000 penonton. Tidak perlu bobotoh/ viking mengikuti karakter atau berprilaku seperti kelompok lain jadi lah diri sendiri tanpa harus mencontoh dan mengikuti paham suporter lain seperti paham dan gaya Bonekisme atau aremaisme.

Jadilah dirimu suporter yang selalu mendukung tim idola mu dalam kondisi apapun dan selalu meneror untuk menjatuhkan mental tim lawan, pertahankan citra
sebagai kelompok suporter yang eksekutif tetapi tidak eksklusif. Dukunglah persib dengan dengan tulus hilangkan sifat dan sikap inggin dipuji karena cinta yang tulus merupakan ungkapan dari rasa cinta yang paling tinggi.

Hidup Persib
Jayalah Persibku
Majulah Vikingku
Tuhan Bersama Persib
Tuhan Bersama Viking

*Oleh Rendra Eka Saputra, SE

Penilaian:

0 Komentar:

Post a Comment

Silakan isi box komentar

We are back B-)


Copyright © 2010 beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.
Setiap materi dalam Situs ini boleh Anda kutip, sepanjang Anda mengikuti ketentuan Creative Common Attribution-NonCommercial-ShareAlike 2.0.

Profil/Biodata

Markus--Nova-Satoshi (Mantan pemaen)-Atep-Gilang-Munadi-Gonzalez-Airlangga-

Pengunjung Hari Ini


Copyright © 2010 Beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.