Pasang Iklan di Sini

Monday, January 25, 2010

Ditemui sesudah berlatih bersama Persib u21 di stadion siliwangi pagi ini, Irfan Bachdim menjawab beberapa pertanyaan pembaca yang telah dikirimkan melalui facebook. 20 pertanyaan diajukan dan dijawab menggunakan bahasa inggris dan dijawab langsung oleh Irfan. Inilah hasil tanya-jawab tersebut:

Irfan Bachdim



1. Eva S
Apa kesan paling pertama yang didapat setelah Irfan datang ke Bandung?

Bandung kota yang indah. Yang saya rasakan pertama kali adalah udaranya yang sejuk, berbeda dengan jakarta yang panas.

2. Denny Muhamad Iskandar
Kenapa memilih Persib sebagai awal karir di LSI?

Awalnya saya tidak memilih, hanya kebetulan saja Persib adalah klub pertama yang saya kunjungi di Indonesia. Namun setelah saya melihat pertandingannya kemarin, saya terkesan pada atmosfer pertandingan Persib di stadion. Saya ingin merasakan atmosfer luar biasa itu sebagai pemain Persib.

3. Asep Syihabudin
Bagaimana tanggapan anda mengenai Persib Bandung dan bobotoh?

Persib adalah klub yang sangat bagus. Secara pribadi saya belum bisa mengenal lebih jauh lagi tentang Persib, karena saya belum pernah latihan bersama mereka.

Orang-orang disini (bobotoh) juga ramah-ramah dan bersahabat. Saya merasa diterima dengan baik di lingkungan sini. Dan seperti kata saya tadi, atmosfer pertandingan yang tercipta oleh supporter (bobotoh) kemarin sangat luar biasa bagiku.

4. PauLus Widyanto
Apa perbedaan yg mencolok antara sepak bola indonesia dengan belanda mulai dari pemain, stadion, dan kompetisi?

Saya baru sekali melihat pertandingan di Liga Indonesia, namun saya melihat, yang paling mencolok adalah di belanda, semuanya lebih tactical. Saya belum banyak melihat stadion di Indonesia, namun untuk fasilitas, mungkin di belanda jauh lebih lengkap dan lebih bagus.

5. Budi Yana
Seberapa besar anda mengenal Persib terutama dan persepakbolaan Indonesia pada umumnya ?

Tidak terlalu banyak. Saya baru hanya melihat-lihat sepintas dari internet.

6. Rully SetiaMu
Apakah anda siap berkompetisi di ISL yang jadwal pertandinganya super padat?

Itu bukan masalah. Jadwal kompetisi yang padat adalah konsekuensi dari seluruh pemain bola. Sebagai pemain profesional, dimanapun, kita pasti akan menghadapi sistem kompetisi yang seperti ini.

7. Bayu Adhiwarsono
Mengapa kamu merasa pantas bergabung dengan Persib ?

Saya tidak bisa menjanjikan apa-apa. Saya hanya berusaha memperlihatkan kemampuan terbaik saya kepada pelatih (saat seleksi nanti), penilaian sepenuhnya ada ditangan dia. Dan beruntung disini saya mendapatkan support dari orang-orang sekitar (bobotoh). Hal itu memberikan saya semangat.

8. Dhie Lex Cinggers
Bagaimana tanggapan anda jika bobotoh bikin rusuh?

Saya sangat menyayangkan jika hal itu terjadi. Supporter seharusnya memberikan dorongan kepada klubnya dengan jalan yang positif. Supporter adalah pemain ke-12 dari sebuah klub. Seharusnya mereka terus memberikan motivasi kepada pemain agar bermain baik, bukan malah menurunkan mental pemain. Sesungguhnya, dengan dorongan semangat dari para supporter, membuat adrenalin para pemain akan meningkat, dan ini yang akan mendorong kemampuan bermain sampai batas maksimal.

9. Devien Reii Ramdani
Menurut anda lebih fanatik mana suporter indonesia atau suporter di belanda?

Untuk ukuran negara saya belum melihat sejauh mana fanatiknya supporter Indonesia. Tapi saya mengharapkan menemukan level kefanatikan seperti halnya Barcelona dan Milan. Dua klub favorit saya.

10. Melgi Mulyadi Misbahhussudur
Apakah ada perbeda pola latihan di Indonesia dan belanda? Berapa lama biasanya porsi latihan di belanda?

Ya, sedikit berbeda dalam pola latihan, disana lebih fokus dan terorganisasi. Kami biasanya berlatih dua kali sehari.

11. Firman Firdaus
Pendapat anda tentang Persib Bandung, dalam 3 kata?

Bobotoh, atmosfer, dan bersahabat.

12. Bisma Jaja Zakaria
Kenapa irfan memilih berlabuh di klub indonesia, bukannya lebih baik dan bagus tetap bermain di kompetisi eropa karena anda masih sangat muda?

Saya melihat Indonesia adalah juga tanah air saya, leluhur saya berasal dari sini. Saya senang untuk bisa mengenal lebih banyak tentang tanah air saya. Saya juga didukung penuh oleh keluarga. Untuk karir mungkin dengan bermain di Indonesia, saya bisa mendapatkan lebih banyak perhatian dari tim nasional, dan akhirnya lebih cepat buat saya untuk tampil di lingkup yang lebih besar.

13. Iuddy Yogaswara
Mana yang anda pilih, sering bermain tapi bukan sebagai starter, atau bermain sebagai starter tapi jarang maen?

Ini pertanyaan yang sedikit membingungkan buat saya. Menurut saya, pemain yang bagus selalu bermain sebagai starter, tak ada alasan pelatih menyimpannya lama di bangku cadangan. Namun jika saya harus memilih, saya berharap saya lebih banyak bermain walaupun dari bangku cadangan.

14. Dietz Becks
Permainan di indonesia keras dan terkadang menjurus kasar, apakah itu akan berpengaruh pada permainan anda?

Dimana-mana, kompetisi memang keras. Di belanda, inggris, italy, semuanya. Tidak ada alasan untuk tidak siap menghadapi berbagai macam permainan.

15. Aries Taufiq
Apa yang anda harapkan dan impikan dengan berkompetisi di liga indonesia?

Saya tidak mempunyai harapan dan impian yang muluk-muluk tentang masa depan saya. Saya hanya berkonsentrasi pada saat ini. Yang paling penting adalah berlatih dan berusaha meningkatkan kemampuan bermain.

16. Fathy Idos Firdaus
Apakah anda sudah bisa bahasa sunda? siapkah anda siap dengan tuntutan bobotoh untuk selalu menang di setiap pertandingan?

Saya belum bisa berbicara menggunakan bahasa sunda, mungkin nanti saya harus belajar sedikit-sedikit.

Tentu saja semua tim mempunyai keinginan untuk memenangkan seluruh pertandingannya. Tidak ada yang mau kalah. Termasuk bobotoh, termasuk saya.

17. Abdul Muin
Berapa target gol yang akan di sumbangkan untuk persib bila nanti masuk skuad persib?

Tidak ada target saya untuk banyak mencetak gol disini. Yang paling penting buat saya sekarang ini adalah bermain. Saya harus menunjukan permainan yang baik dahulu, setelah itu adalah kemenangan tim. Gol tidak akan tercipta oleh hanya seorang pemain, pemain yang memberikan assist juga tidak kalah pentingnya. Jadi yang penting bukanlah mencetak gol, namun kemenangan tim.

18. Ryan Budiman
Siapa pemain persib favorit anda? apa alasannya?

Melihat pertandingan Persib melawan PSPS, saya menyukai pemain Persib bernomor punggung 24 (Hariono). Pemain dengan rambut agak panjang. Dia selalu mendapatkan bola, dia juga selalu bekerja keras di lini tengah.

19. Aditya Ebod Hathairattanakool
Apakah anda optimis dengan permainan anda bisa membawa perubahan di tubuh persib, atau anda akan merubah cara bermain anda agar cocok dengan iklim ketat ISL?

Saya tidak akan merubah gaya saya bermain, ini adalah kelebihan saya. Saya harap permainan saya dapat menambah kaya gaya permainan klub saya nantinya.

20. Hary Goduz
Siapkah kamu dikejar wanita bandung yang begitu menggoda?

Hahaha. Saya sudah punya pacar.

Irfan yang pagi ini didampingi beberapa sanak keluarganya lalu berpamitan untuk pulang karena mereka berencana akan jalan-jalan ke PVJ.

Dan besok mereka akan pergi ke Jakarta karena mendapatkan undangan dari Direktur Teknik Persija, Benny Dollo. Noval Bachdim, ayah dari Irfan mengatakan Persija tampaknya klub yang paling serius dalam berkomunikasi dengan pihaknya. Karena Persib harus tur ke Kalimantan, menyebabkan komunikasi dengan pihak manajemen tim sedikit terhambat.

Noval Bachdim mengharapkan, setidaknya sampai dirinya pulang kembali ke belanda, pada tanggal 30 januari ini, anaknya sudah menandatangani kontrak dengan salah satu klub ISL

(Khrisna/net)

0 Komentar:

Post a Comment

Silakan isi box komentar

We are back B-)


Copyright © 2010 beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.
Setiap materi dalam Situs ini boleh Anda kutip, sepanjang Anda mengikuti ketentuan Creative Common Attribution-NonCommercial-ShareAlike 2.0.

Profil/Biodata

Markus--Nova-Satoshi (Mantan pemaen)-Atep-Gilang-Munadi-Gonzalez-Airlangga-

Pengunjung Hari Ini


Copyright © 2010 Beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.