Pasang Iklan di Sini

Thursday, January 28, 2010

Indonesia berpeluang punya tim kuat









Wawancara Alfred Riedl, Calon Pelatih Timnas
'Indonesia Berpeluang Punya Tim Kuat'
Edwan Ruriansyah, Marco Tampubolon


Laos tampil mengejutkan di SEA Games 2009. Tim tuan rumah berhasil lolos ke babak semifinal sebelum dikalahkan Malaysia dalam perebutan tiket ke final.

Yang mengejutkan, di babak penyisihan Grup B, Laos berhasil mengalahkan Indonesia 2-0. Ini merupakan kali pertama dalam sejarah Laos berhasil mempermalukan Tim Merah Putih.

Sukses Laos tak lepas dari peran pelatihnya, Alfred Riedl. Pelatih asal Austria itu sukses merombak tim underdog menjadi tim yang layak diperhitungkan di Asia Tenggara.

Sebelum menangani Laos, Riedl juga tergolong sukses saat menangani Vietnam era 2005-2007. Pria berusia 60 tahun itu membawa Vietnam lolos ke babak perempatfinal Piala Asia 2007.

Kesuksesan Riedl membuat PSSI tergiur. Riedl pun menjadi calon kuat untuk menangani timnas U-23. Ia telah berada di Indonesia untuk melakukan negosiasi dengan PSSI. Berikut petikan wawancara dengan Riedl.

Sejauh mana proses negosiasi kontrak dengan PSSI?
Sejauh ini belum ada kesepakatan apapun. Saya sudah mengajukan beberapa permintaan kepada PSSI. Sekarang keputusannya ada pada mereka.

Anda berhasil membawa Laos menjadi salah satu negara yang diperhitungkan di kancah sepakbola Asia Tenggara. Apa harapan Anda dari Indonesia?
Laos sangat berbeda dengan Indonesia. Di sana sumber daya yang ada sangat sedikit. Di Vientiane, saya harus memilih 20 pemain dari 500 ribu penduduk yang tinggal di sana. Sedangkan di Indonesia jumlah penduduknya mencapai 230 juta orang. Saya pikir peluang untuk mendapat tim yang kuat dan mampu lolos ke Olimpiade di Indonesia sangat besar.

Apakah Anda yakin bakal sukses dengan timnas Indonesia?
Anda tidak bisa memastikan apakah Anda bakal sukses atau tidak. Bahkan jika bekerja keras sekalipun, Anda tidak akan bisa memastikan apakah bisa sukses atau tidak. Namun, saya melihat Indonesia punya peluang yang cukup besar untuk bisa berhasil.

Sejauh mana Anda mengenal sepakbola Indonesia?
Saya tidak tahu banyak mengenai Indonesia. Saya juga tidak kenal dengan pemain-pemainnya. Saat di Laos, saya melihat ada beberapa pemain yang punya skill bagus. Namun, saya tidak tahu apakah umur mereka masih mencukupi atau tidak.

Lantas apa yang akan lakukan bila disetujui untuk menangani timnas U-23 Indonesia?
Langkah pertama yang akan saya lakukan adalah mencari pemain. Saya ingin mencari pemain yang punya komitmen kuat dalam membela negaranya. Pemain-pemain seperti inilah yang saya dapatkan ketika menangani Laos.

Apa target yang dibebankan PSSI kepada Anda?
PSSI belum membicarakan target apapun. Namun sebagai pelatih, saya punya target sendiri. Saya ingin membawa Indonesia sukses pada SEA Games 2011. Target saya adalah finalis.

Seperti apa komposisi tim pelatih yang akan Anda pimpin nanti?
Tidak jauh berbeda dengan tim saya sebelumnya. Akan ada dua asisten pelatih. Dia (sembari menunjuk Wolfgang Pikal yang duduk di sebelahnya) akan menjadi salah satunya. Selain itu akan ada satu pelatih kiper, pelatih fisik, fisioterapis, dua dokter dimana satu khusus untuk menangani pelatih yang cedera. Semua berasal dari Indonesia.

Apa alasan Anda menunjuk Wolfgang Pikal sebagai asisten pelatih?
Ini merupakan keberuntungan saya. Saya kenal dia setahun yang lalu dan tidak menyangka akan bertemu lagi di Indonesia. Dia merupakan pelatih Austria yang mampu berbahasa Indonesia dan dia juga memiliki lisensi A.

Berapa lama Anda berikan waktu kepada PSSI untuk memutuskan?
Saya tidak memberikan mereka deadline tertentu. Saya akan menunggu beberapa hari, mungkin seminggu atau paling lama sepuluh hari.

0 Komentar:

Post a Comment

Silakan isi box komentar

We are back B-)


Copyright © 2010 beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.
Setiap materi dalam Situs ini boleh Anda kutip, sepanjang Anda mengikuti ketentuan Creative Common Attribution-NonCommercial-ShareAlike 2.0.

Profil/Biodata

Markus--Nova-Satoshi (Mantan pemaen)-Atep-Gilang-Munadi-Gonzalez-Airlangga-

Pengunjung Hari Ini


Copyright © 2010 Beritabobotoh.blogspot.com. All Rights Reserved.